Home / Olahraga / KEMENPORA SELENGGARAKAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM RUMAH TANGGA SELAMA MASA PANDEMI TAHUN 2020

KEMENPORA SELENGGARAKAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM RUMAH TANGGA SELAMA MASA PANDEMI TAHUN 2020

Sejak Mei 2020 dalam situasi pandemi, Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI sampai akhir tahun 2020 tepatnya di bulan desember terus secara konsisten menyelenggarakan Pendidikan Kepemimpinan dalam Rumah Tangga (PKPRT), baik secara daring maupun secara luring terbatas sesuai protokol dan standar Kesehatan Covid 19.

Sebanyak 15 kali di tahun 2020 kementerian pemuda dan olah raga menjalankan aktivitas PKPRT. Aktivitas PKPRT sebagai jawaban atas berbagai dinamika dan persoalan yang muncul dalam rumah tangga khususnya bagi rumah tangga usia muda. Berbagai persoalan yang mengemuka sebagai wujud dinamika dalam rumah tangga salah satunya disebabkan oleh lemahnya literasi bagi para pasangan.

KEMENPORA RI melalui PKPRT memberikan pengetahuan kepada para peserta dalam hal Hukum Perkawinan, Literasi Keuangan, Psikologi Perkawinan, dan Kesehatan Reproduksi.

Hukum perkawinan menjadi pijakan dasar dalam membangun relasi antara laki-laki dan perempuan berdasarkan Hukum Islam, begitu juga terkait dengan hak dan kewajiban sesuai dengan tuntutan hukum perkawinan yang berlaku di Indonesia.

Persoalan ketidak mampuan mengelola keuangan juga menjadi salah satu persoalan yang mengemuka yang menjadi salah satu penyebab keretakan rumah tangga. Kemampuan mengelola pemasukan dan pengeluaran, bijak dalam investasi dan merancang keuangan dalam rumah tangga menjadi sasaran utama dalam materi ini.

Psikologi Perkawinan disajikan guna membekali para pemuda dalam hal dinamika psikologis dan dinamika interaksi antara laki-laki dengan perempuan dalam ikatan perkawinan, mengenal lebih jauh kebiasaan laki-laki bagi perempuan begitu juga sebaliknya. Materi ini diharapakan mampu membekali para peserta agar mampu membangun hubungan yang saling mengerti antara pembawaan masing-masing jenis kelamin dalam relasi keluarga.

Materi kesehatan reproduksi mengenalkan kepada para peserta pendidikan agar mampu memahami fungsi-fungsi organ reproduksi, relasi seksual yang sehat pasangan dalam keluarga dan bagaimana memberikan ruang bagi pemenuhan hak-hak reproduksi bagi pasangan.

Kegiatan PKPRT yang dimotori oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Deputi bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia tidak hanya diselenggarakan sendiri tapi juga menggandeng berbagai kalangan seperti Perguruan Tinggi, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, BKKBN, KPAI, KWARNAS Pramuka dan berbagai organisasi kepelajaran, kemahasiswaan serta organisasi Kepemudaan.

About admin

Check Also

KEMENPORA GELAR FORUM PIMPINAN KEPEMUDAAN

  Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia kembali berdiskusi bersama dengan para pemimpin organsiasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

if (function_exists('rns_reactions')) { rns_reactions(); }