Home / Diskusi & Seminar / Diskusi Terbuka”MENGGAWAL PERPPU PEMBUBARAN ORMAS DALAM UPAYA MEMBRANTAS RADIKALISME”

Diskusi Terbuka”MENGGAWAL PERPPU PEMBUBARAN ORMAS DALAM UPAYA MEMBRANTAS RADIKALISME”

 

 

Indonet7.com

Jakarta,7 September 2017-Acara ngopi bareng bersama gus nuril diselenggarakan di Ponpes Soko Tunggal Rawamangun Jakarta Timur. Adapun pembicara diskusi ini adalah KH Nurul Arifin Husein MBA Wawan Setiawan mewakili bapa Wiranto, KH Faris Eit Haque Fuad Hasyim dari Buntet Pesantren dan lain-lain.

pemerintah akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) no 2 tahun 2017 untuk membubarkan organisasi kemasyarakatan yang dianggap bertindak tidak sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Perpu itu sebelumnya dikaitkan dengan rencana pemerintah membubarkan HTI yang dianggap bertentangan dengan Pancasila.

Pasal yang mengatur ormas dalam Undang-Undang sengaja dibuat rumit seperti melalui mekanisme pengadilan. Menilai penting keberadaan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menjerat ormas-ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Pasalnya, selama ini keberadaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) tidak mampu menjangkau ormas-ormas tersebut. “Ini untuk mengisi ruang kosong yang ada, agar pemerintah bisa menindak ormas-ormas anti-Pancasila,”

“Perppu Ormas ini payung awalnya. Jadi hulunya ditertibkan. Karena hulunya ditertibkan, muaranya enggak akan sedahsyat ini. Kalau dibiarkan, akan lahir radikalisme, karena ide di sini disemai

Pemerintah harus segera menyosialisasikan Perppu yang baru saja ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Hal ini untuk mencegah adanya resistensi di masyarakat terkait diberlakukannya Perppu Ormas tersebut. Pemerintah perlu segera menyosialisasikan agar seluruh masyarakat memahami pentingnya Perppu tersebut.”Harus segera sosialisasi agar enggak ada resistensi, dengan sosialisasi, orang yang enggak ngerti, jadi ngerti kenapa perppu ini ada.(manto)

About admin

Check Also

Rakernas Peradi 2019 Angkat Tema Pertahankan Peradi Sebagai Wadah Single Bar

Surabaya, Kegiatan Rakernas Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) yang digelar selama 2 hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

if (function_exists('rns_reactions')) { rns_reactions(); }