Home / Berita Militer / LANAL MELONGUANE MELAKSANAKAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN DALAM RANGKA MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF PENYEBARAN COVID-19 DI KABUPATEN KEP. TALAUD

LANAL MELONGUANE MELAKSANAKAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN DALAM RANGKA MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF PENYEBARAN COVID-19 DI KABUPATEN KEP. TALAUD

Melonguane (29/4/2020) Menyadari berbagai kemungkinan potensi dampak buruk yang ditimbulkan oleh penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud, pada hari Rabu pagi yang tanggal 29 April 2020 Komandan Lanal Melonguane (Danlanal Melongunae) Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla dengan didampingi oleh Pjs Paspotmar Kapten Laut (PM) Joni Demmadika, S.Th. beserta seluruh perwira di jajaran Lanal Melongunae memimpin anggotanya dan Jalasenastri (istri prajurit TNI Angkatan Laut) untuk melaksanakan penanaman bibit tanaman pangan di lahan komplek Lanal Melonguane.
Lahan tidur yang selama selama ini ditumbuhi oleh rumput dan semak belukar di lingkungan Lanal Melonguane terutama di sisi pinggir pantai, saat ini nampak sudah menjadi lahan siap tanam. Terkait hal tersebut, Danlanal Melonguane mengungkapkan bangga dan apresiasinya terhadap seluruh personel di jajarannya termasuk anggota Jalasenastri yang telah bahu membahu dan bekerjasama untuk mewujudkan lahan tersebut menjadi lahan produktif. Ia mengakui bahwa sebelum adanya program ketahanan pangan, ada beberapa personel di jajarannya yang kreatif dalam memanfaatkan beberapa sisi dari lahan tersebut untuk pertanian maupun peternakan, hal tersebut diapresiasinya sebagai hal yang sangat positif di tengah keterbatasan para prajuritnya yang berdinas di wilayah paling utara NKRI ini.
Berdasarkan saran dan masukan dari Kapten Laut (PM) Joni Demmadika, S.Th. selaku Perwira Stafnya di bidang Potensi Maritim serta didukung oleh seluruh perwira di jajarannya, Danlanal Melongunae memutuskan bahwa program ketahanan pangan di lingkungan Lanal Melonguane dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur di lingkungan Lanal untuk dijadikan lahan produktif. Adapun lahan tersebut rencananya akan ditanam berbagai tanaman pangan seperti singkong, jagung, ketela rambat serta berbagai jenis palawija. Berbagai jenis tanaman yang merupakan kebutuhan sehari-hari seperti cabe, tomat dan tanaman buah juga akan ditanam. Selain itu, ke depan juga akan dibuatkan kolam darat untuk budidaya perikanan dengan memanfaatkan lahan yang ada.
Di luar program ketahanan pangan tersebut, Danlanal Melonguane juga menghimbau kepada seluruh anggota di jajarannya untuk memanfaatkan pekarangan rumah dinas yang ditempati masing-masing untuk ditanami berbagai tanaman apotek hidup maupun berbagai jenis bunga. Hal tersebut selain menjadikan pekarangan rumah dinas menjadi lebih asri, juga nantinya akan sangat bermanfaat apabila tanaman apotek hidup tersebut dapat menjadi berbagai alternatif obat herbal apabila ada anggota atau keluarga yang sakit. Sebagai dorongan agar hal tersebut berjalan, Danlanal Melonguane membuat lomba bagi para personel di jajarannya terutama yang menempati rumah dinas yang nantinya pada akhir bulan Juni 2020, pemenangnya akan diumumkan serta akan diberi hadiah langsung Perwira Marinir lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2000 tersebut.
Terkait kegiatan yang dilaksanakan hari ini, Danlanal Melonguane mengungkapkan bahwa hari ini adalah pencanangan program ketahanan pangan di lingkungan Lanal Melonguane. Kegiatan tersebut telah direncanakan oleh Pjs Paspotmar Kapten Laut (PM) Joni Demmadika, S.Th. beberapa waktu lalu, bahkan yang bersangkutan sendiri terlihat turun langsung ke lapangan saat pembabatan dan pembajakan lahan hingga lahan tersebut siap tanam seperti hari ini. Untuk itu, Danlanal Melonguane menyampaikan apresiasinya kepada Perwira Stafnya tersebut. Danlanal bahkan menyampaikan bahwa orang tidak akan menyangka bahwa dari beberapa personelnya yang aktif menbajak lahan tersebut adalah prajurit dari Korps Polisi Militer Angkatan Laut, termasuk yang tiap hari mengoperasikan traktor di lapangan.
Mengakhiri penjelasannya, Danlanal Melonguane menyampaikan bahwa ia berharap dalam beberapa bulan ke depan, apa yang telah dilakukan oleh seluruh jajarannya sudah dapat mendapatkan hasil dan manfaat bagi prajurit Lanal Melonguane dan keluarga maupun masyarakat sekitar.

About admin

Check Also

Polsek Senen Jakpus Gelar Apel Pasukan Pam Jelang Malam Tahun Baru 2020

Jakarta,- Konsistensi Kepolisian dalam setiap tugasnya memberikan rasa aman kepada seluruh masyarat tentulah sangatlah bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

if (function_exists('rns_reactions')) { rns_reactions(); }