Home / Berita dalam peristiwa / “INDONESIA AGAINST COVID – 19 REPORT”

“INDONESIA AGAINST COVID – 19 REPORT”

Indonesia Against Covid-19 (IAC-19) dibentuk pada tanggal 15 Maret 2020, sekitar dua minggu setelah Pemerintah RI mengumumkan adanya dua pasien yang terdampak Covid-19, dan yang setelahnya penambahan jumlah kasus terdampak Covid-19 pun meningkat setiap harinya dengan penyebaran yang sangat cepat dan bahkan dalam dua minggu mencapai 1000 orang.

“Hari ke hari Penyebaran virus Corona (Covid-19) baik skala internasional, juga di Indonesia terus meluas.

Dampak virus ini sangat mengkhawatirkan, salah satunya menyebabkan Sektor Ekonomi menjadi ‘terguncang karena masyarakat tidak lagi mampu melakukan kegiatan ekonominya dengan baik”, demikian Agnes Lourda Budidharma selaku Koordinator Komunitas di Relawan Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid 19, memulai Conference-Phone (Kamis, 16/4).

Tambah beliau, yang akrab kami panggil ‘Ibu Lourda’ ini, ribuan orang telah terkonfirmasi, ribuan orang yang positif, ratusan lainnya dalam pengawasan, dan diantaranya meninggal dunia. Maka IAC-19 harus segera melakukan upaya apapun membantu pemerintah.

Magdalena Hutagalung, selaku Public Relation IAC-19 menambahkan. “Indonesia Against Covid-19 (IAC-19) terdiri atas 35 komunitas, sebagaimana disampaikan Ibu Lourda, kami harus bergerak cepat dalam mendukung Presiden RI Joko Widodo dan Satgas Covid 19 yang selalu bekerja maksimal untuk menghentikan penyebaran Covid -19”

“Dan kami Indonesia Against Covid-19 (IAC-19) terpanggil untuk mendukung upaya itu semampu kami. Semua kegiatan IAC 19 tentunya dapat terlaksana baik dengan dukungan ke-35 komunitas dan seluruh elemen masyarakat yang perduli”, tambah Kris Tjandra , Koordinator Komunikasi Publik IAC-19.

Dari conference-phone ini pula tercatat beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam IAC-19 ,yaitu:

1.Beberapa komunitas diantaranya INDOHCF (Indonesia Health Care Forum), De’Seniors, KREKI (Komunitas Relawan Kesehatan Indonesia), KAB (Komunitas Anak Bangsa) dan I – Elit, pada tanggal 20 Maret s/d 3 April memberi susu dan lunch box dengan standard gizi yang tinggi ke beberapa RS di Jabodetabek antara lain RSAL Mintoharjo, RSCM, Fatmawati, Atmajaya, Yadika Pd. Bambu, RS Abdul Rajak, RS Hermina Jatinegara, RS Yadika Keby. Lama, RS St. Carolus, RSU Petukangan, RS PGI Cikini, RS Ali Sibroh Malisi, dan RS Elizabeth Bekasi.
2. Indonesia Against Covid 19 (IC-19) memberikan donasi berupa masker medis, masker N95, sarung tangan, cover all, sanitizer di 7 Rumah Sakit di Jabodetabek, antara lain RS Marinir Cilandak, RS Hermina Karawang, RS Anisa Bekasi, RS Pelni Petamburan, RS Annisa Tangerang, RS Marinir Ridwan Meuraksa, serta RS Anna Medika Bekasi. Penyerahan ini dilaksanakan pada tanggal 6 April 2020.
3.Komunitas ASKU bersama Gerakan Anti Covid-19 memberikan bantuan berupa jamu dan nasi bakar kepada masyarakat pada tanggal 10 April 2020 melalui Posko Induk Gerakan Anti Covid 19, Jalan Penataran 5, Pegangsaan Menteng Jakarta Pusat.
4.Komunitas Gerakan Anti Covid-19 memberikan masker dan hand sanitizer serta makanan ke lingkungan masyarakat, serta mendata masyarakyat yang terdampak sejak tangal 10 April 2020 setiap harinya dari pukul 08.00 – 17.00 WIB kepada masyarakat RT/RW Rt.007/010 kelurahan Pela Mampang dan kelurahan Mampang Prapatan Jakarta Selatan.
5.Wakil Menteri PUPR (Bapak John Wempi Wetipo) memberi bantuan kepada masyarakat dari gaji beliau selama 5 bulan melalui Komunitas Gerakan Anti Covid-19 pada tanggal 9 April 2020. Donasi ini akan direalisasikan sebagai bantuan kepada masyarakyat melalui Posko-posko yang ada.
7.Komunitas GRPB (Gerakan Rakyat Peduli Bangsa) melakukan penyemprotan disinfektan pada tanggal 9 April 2020 di lingkungan bus angkutan umum di Terminal Senen dan Kampung Melayu.
8.Pendidikan Kesehatan kepada masyarakyat dalam menyikapi pandemi Covid – 19 oleh Ikatan Alumni Kesehatan Masyarakat (IAKM) sekali dalam dua hari dari tangal 9-11 April 2020 melalui Koordinator Relawan, Flyer atau Infografis.
9.Komunitas Gerakan Anti Covid-19 memberikan masker dan hand sanitizer serta makanan ke lingkungan masyarakat yang terdampak Covid-19 pada tanggal 11 April 2020. Bantuan di dua tempat di Jl. Pelopor XV RT 04/ RW 15 Kel. Tegal Alur Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat dan di Jalan Bangka IX RT 07/ RW 10 Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan.
10.Komunitas DANTARA memberikan bantuan masker kepada masyarakat KM YAI pada tanggal 11 April 2020 di pos-pos keamanan di kelurahan Salemba, Jakarta Pusat.
11. Komunitas SIMA membagikan Masker kepada para pedagang di pasar asar Jaya Pluit dan Masyarakat Cipadung Indah, Bandung. Pemberian bantuan diberikan pada tanggal 12 April 2020 kepada beberapa masyarakat yang terdampak ekonomi.
12.Komunitas BPPRI bersama IAC 19 membagikan masker pada tanggal 12 April 2020 kepada masyarakat dan pengendara yang lewat Perempatan Pasar Rebo (Depan Lotte Mart), Jakarta Timur
13.IAC-19 sedang mempersiapkan Rumah Isolasi dari tanggal 11-13 April 2020. Rumah Isolasi ditujukan kepada masyarakat yang tidak terlalu berisiko namun harus melakukan isolasi mandiri. Saat ini sedang dalam tahap pemetaan di 10 titik di wilayah DKI Jakarta dan sedang dipersiapkan juga SOP untuk rumah isolasi serta persiapan relawan medis untuk ditempatkan di Rumah Isolasi.
14.Komunitas Gerakan Anti Covid-19 pada tanggal 13 April 2020 berkoordinasi dengan kelurahan setempatdari RW 01-08 Pegangsaan, Jakarta Pusat untuk memulai Membuka 8 Posko pelayanan baru
15. Komunitas KM YAI membagikan masker kain kepada masyarakat di Kemayoran pada tanggal 13 April 2020.
16. Komunitas GRPB bergerak terus memutus mata rantai penyebaran virus Corona VIRUS dengan melakukan penyemprotan di Terminal 2 & di rumah warga pada tanggal 13 April 2020.
17. Komunitas Dantara menyalurkan bantuan sembako dari House of Life di lingkungan Bintaro Sektor 2 Jl. Parkit 2 Blok Y3 RT 002 RW 05 Kelurahan Rengas Bintaro, Tangerang Selatan.

Diakhir conference ibu Lourda mengatakan, “Melalui teman-teman media, mari kita bersama kembali, bergotong-royong sebagai spirit keperdulian kita. Khususnya dalam membantu para Dokter, Perawat, Para Medis, khususnya para korban Covid-19 dan masyarakat kecil yang paling terdampak secara ekonomi. Mari bersama IAC -19 Kita bersama”, tutup beliau karena ada kegiatan lain.

“Dukungan moril, material dan donasi anda adalah spirit mereka dan kita semua. Terima kasih untuk dukungan teman-teman media. Jika orang baik hanya diam, maka apapun tidak menjadi apapun. Untuk yang ingin berdonasi dapat melalui Bank Mandiri : 104-0078-978-975, a/n Perkumpulan Komunitas Anak Bangsa”, demikian Marisa Ranti, Bendahara IAC 19 sekaligus menutup conference ini.
Info lebih lanjut terkait IAC-19
www.kabcare.com
IG @indonesiaagaintscovid19

About admin

Check Also

Penyelesaian Pembayaran Polis Nasabah Asuransi Kresna

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) menyampaikan kembali Jadwal Rencana Penyelesaian Polis PIK dan K-LITA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

if (function_exists('rns_reactions')) { rns_reactions(); }